Minggu, Agustus 17, 2008

Hati-hati Bahayanya Mie Instan!!



Pagi ini mama perhatikan Aliya yang sedang asik menghabiskan sarapan mie instannya. Mama agak heran,kok porsi mienya tidak seperti biasa,banyak sekali! Setelah mama chek ke si Mbak,ternyata Aliya mengambil mie instan yang PORSI JUMBO!!! Alamaaaak......


Mie instan jumbo itu sengaja mama simpan untuk keperluan mendadak,jika ada papa dirumah. Sehingga mama ga perlu memasak 2x untuk papa dan Aliya. Asal tau aja,Aliya tidak akan "membiarkan" ada orang dirumah yang makan mie instan tanpa melibatkan dirinya!

Lihat Aliya yang sedang asik makan mie instan itu,mama jadi teringat akan BAHAYANYA MAKAN MIE INSTAN. Selama ini mama hanya tahu dari omongan teman-teman. Nah,mama iseng-iseng aja browshing tentang mie instan ini. Hasilnya, bikin mama kaget aja! Dari sekian banyak artikel ttg mie instan,hampir semuanya membahas bahayanya mie instan ini!

Mungkin teman-teman sudah tau akan hal ini ya. Tapi ga ada salahnya membaca artikel dibawah ini nih:

LINDUNGI KELUARGA DAN DIRI ANDA DARI MIE INSTAN...!!!
sumber : dari milis

Para penggemar Mi Instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3(tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi Mi Instan, jika Anda akan mengkonsumsinya lagi. Dari Informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa Mi Instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak.

Konsumsi Mie Instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker usus. Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam Mi Instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.

sumber
dari sini

.....dan yang amat sangat jelas, mie instant banyak MSGnya yang bisa nyebabin kanker dan merusak saraf mata jika dikonsumsi berlebihan! dan menurut info terbaru yang saya peroleh, mi instant itu dilapisi lilin untuk menghindari mie lengket satu sama lain waktu dimasak.liat aja deh air rebusan mie,ada sesuatu yang mengkilap kan...itu sedikit lilin yang larut dalam air mendidih.nah sebagian besar lilin masih nempel di mie dan bayangin kalo kita konsumsi...sama aja makan mie lilin kan? lilin ini kalo numpuk bisa nyebabin kanker! dan lilin baru keluar dari tubuh kita setelah rentang waktu 3 hari stelah kita makan mie instan tersebut.


Hiiii....mama jadi makin ngeri aja. Sebenarnya,sudah sejak lama mama membuat "rambu-rambu" dan "juklak" untuk masalah mie instan ini. Misalnya:
1. Hanya boleh makan mie instan di hari Sabtu atau minggu saja (1 minggu sekali).
2. Hanya boleh membuat mie instan goreng (tidak boleh rebus).
3. jika terpaksa mie rebus,buang dulu air rebusan mie baru rebus lagi dengan air panas lain.
4. Tambahkan sayur-sayuran seperti sawi hijau,wortel atau brokoli.
5. Bumbu yang dipakai cukup 1/2 nya saja (MSG? takuuut....)

Kita sebagai orang tua memang harus memberi contoh untuk anak-anak kita. Membuat peraturan "dilarang makan mie instan" tapi stok mie juga dirumah! ya kayak mama ini....xixixixixi....

Tapi kita berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita kan? Daripada anak-anak kita makan mie instan secara "umpet-umpetan" diluar sana, mending tetap kita berikan dengan pengawasan kita.....


19 komentar:

  1. wah...betul tuh...setuju banget....kesukaan swamiku tuh. pakanya klo dirumah aku paling crewet klo ada yng masak mie instan. dirumah aku warning boleh makan tapi 1 bln sekali....

    BalasHapus
  2. hiks.. sayang banget yah padahal mienya enak banget:p
    gak ada matinya deh mi instant ini..
    udah tau bahayanya tp karna enak suka pura2 gak tau aja hehe:)
    harus menguatkan diri nih, inget kesehatan:p

    BalasHapus
  3. Hiii.. syerem banget deh.. Untung Shasa gak doyan mie instan.. tapi Mamanya yg hobi banget segala macam mie.. duh.. thanks infonya Mom..

    BalasHapus
  4. Iya itulah mie dia tuh menimbulkan banyak penyakit tapi bikin org nyandu alias ngga mau brentiii mau terus dan teruuuussss hihi...yah krn msgnya itu yg bikin org mau terus yaaa..

    Kalo akbar alhamdulillah dia ngga mau yg namanya mie apa aja heheh..cuma yg mengkhawatirkan dakuw neh suka bgt sm mie goreng instand apalagi sekarang waw....gawat bgt kannn...

    BalasHapus
  5. wah mksh ya udah sharing..bnr2 pnyakit nihh..sbnrnya anak kt bs diarahkan, gara2 kita nya sihhh yaaa yg nyontohin:(
    jadi nyesel niihh...pdhl kt kan kalo lg bosen mkn pgnnya yg seger2:)

    BalasHapus
  6. Wah serem juga ya...Talitha kadang-2 suka minta pengen mie instan...klo suami doyan banget tuh...

    Thanks ya infonya....

    BalasHapus
  7. emang bener, makanan instan apalagi yg berpengawet emang harus kita jauhi..

    BalasHapus
  8. setuju nov .. mie instan emang gak bagus .. tp apa daya anak2ku seneng banget .. jadinya mesti dibatasin belinya

    BalasHapus
  9. iya bener ga baik banyak2 makan mi instant....sekali seminggu aja dah cukup....
    emang mi instant menggoda bgt rasanya apalagi cepat bikinnya tapi itu dia bahaya ya....

    BalasHapus
  10. Aduh.. ngeri juga ya.. makanya Fakhri yang emang paling doyan mie.. paling seminggu sekali dia diberi Mie itu juga kalo dia minta aja. Thanks infonya ya..

    BalasHapus
  11. Tull banget, jangan terlalu banyak mie instan, aku di rumah paling 8 bh untuk 1 bulan hehehe...

    BalasHapus
  12. Kalo aku emang ga pernah kasi Azka mie instant karena ga bagus banyak MSG ma pengawetnya. Padaal waktu aku hamil Azka, doyaaaan banget ma yang berbumbu2 kuat ky mie instant hiks...udah tau ga bagus, tetep ajah dimakan yah.

    BalasHapus
  13. emang ngeri juga ya, tapi mie instant itu uenak bgt ya.Apalagi anakku paling ga bisa liat bapaknya makan mi pasti langsung nimbrung. Dia suka saya beliin sup mie khusus balita. katanya sih non MSG.. ya asal ga sering2 aja deh..

    BalasHapus
  14. Iya mom betul mie instan itu memang berbahaya sekali, terutama MSG-nya. Cuma masalahanya adalah... rasanya enak dan bikinnya praktis kekeke

    BalasHapus
  15. sebenernya udh tau sie bahayanya mie instant. Tapi bener deh kadang mie instant tuh bikin kangen & bikin nyandu. Tapi yah, kitanya kali ya yg bisa nahan diri. Untung sie bisa..
    Anak2 jg sebenernya sy gak mau ksh, tapi krn di rumah adik sy tuh suka bgt makan mie pdhl berkali2 sy larang kl makan mie instant jgn deket2 anak-anak. Tapi ya gitu deh bandel! Solusinya akhirnya sesekali sy kasih (tapi jarang... bgt), abis kasian juga kl di larang terus. Takutnya nanti malah diem2 minta dibikinin minta org lain lagi. Maksih ya buat infonya :)

    BalasHapus
  16. waduhh..padahal anak bunda dan papanya doyan banget mie..tiada hari tanpa mie.... (kayak obat) apalagi ada embel2 bergizi, vit ini, vitamin itu..halah...makasih infonya yach..

    BalasHapus
  17. walo dah tau bahayanya, tapi kadang mo bener2 ninggalin n menghindari kok susah ya..
    kalo di rumah lagi males masak ya larinya ke mi instan..
    praktisnya itu lo, dan juga enak tentunya hehe..
    makasih infonya jeng..

    BalasHapus
  18. Mie instan emang TOP ya, pa lagi klo pake cabe rawit, bakso n telor.. Maknyuuuss.. Tp bahayanya, bikin meknyek.. Hehe

    BalasHapus
  19. salam kenal, terima kasih atas info mie instannya ... memang, kok, mie instan itu bikin kecanduan, MSGnya ...

    BalasHapus