Jumat, Desember 12, 2008

Akhirnya semuanya terlewati


Halo teman-teman semua...pa kabar? Hampir 2 bulan lamanya kami "menghilang"! Bukan salah ibunda mengandung, tapi salahkan penyakit cacar air yang sudah mengganggu kami! Hehehehe....gak ding!

Alhamdulilah, setelah lama mama ga nge-net lagi rasanya untuk memulai beraaaat......banget! Mama jadi senang tidur sore, ikutan tidur karena ngeloni AliyaHasna bobo'. Padahal biasanya setelah anak-anak tidur, mama langsung buka laptop memulai "gerilya"! Beberapa bulan ini, jangankan mau gerilya, mau bangun untuk nge-net aja udah ga sanggup! Teleeeeer......

Akhirnya malam ini mama tekati-harus segera buka lap top! hehehehe.....sayang kalo mama tidak segera menuliskan pengalaman mama ini!

Nah,sekedar ingin berbagi, mama ceritakan pengalaman mama merawat AliyaHasna selama mereka bergantian sakit. Semoga ada yang bisa mengambil hikmah dari pengalaman kami ini....


LIBURAN

Awal cerita sebenarnya dari liburan lebaran yang panjang kemarin. Awal perjalananPekanbaru (rumah eyang akung dan uti) sebenarnya lancar-lancar saja. Aliya dan Hasna bisa menikmati perjalanan dari Jogja ke pekanbaru. Meski harus transit 2 jam di Cengkarengpun, Hasna samasekali tidak rewel. Tidak seperti yang mama khawatirkan.

Tetapi mama lupa tidak menyiapkan mental Hasna untuk bertemu dengan keluarga besar disana! Asal tau aja, Hasna tidak mudah dekat dengan "orang asing". Bisa dibayangkan, begitu bertemu keluarga besar Hasna seperti anak ketakutan. Dampaknya, dia sama sekali tidak bisa lepas dari mama! Kemana-mana nempeeeeel.....tanpa bisa mama tinggal walau hanya 1 menit!. Dari sini jelas membuat mama maupun Hasna kelelahan. Mama lelah karena harus mengurus Hasna sendirian (dengan papa pun dia juga tidak mau), sementara Hasna stres karena lingkungan barunya.

Mama juga kurang memperhatikan lagi gizi anak-anak. Makan juga tidak sesuai jadwal biasanya, maklumlah kami sering bepergian. Belum lagi karena perjalanan yang memebuat anak-anak makan seadanya. Kondisi ini-yang tanpa kami sadari- telah membuat kesehatan anak-anak mulai drop.


MULAI SAKIT...

Setelah tiba kembali di Jogja, mama juga tidak langsung bisa istirahat. Perhitungan mama,si Mbak-mbak sudah selesai "masa cuti". Tapi apa dikata, mereka "molor" hingga beberapa hari! Sebel banget kan???

Untung si Mbak yang mengasuh Hasna datang tepat 1 hari sblm Mama dan Papa harus kembali ke kantor. Yang satu? Masih "molor" dengan alasan bla-bla.....mau marah tapi kok masih butuh. Yaaah....daripada mencari lagi yang baru? Sekarang susah kan cari pembantu???

Akhirnya mama kembali ke kantor,papa ke padang dan Aliya kembali sekolah. Kembali ke rutinitas...

Karena tidak sempat istirahat,kondisi mama mulai drop. Hingga akhirnya mama mulai demam tinggi dan keluar bintik2. Taataaaaaa.....,inilah CACAR AIR!!! Penyakit yang sama sekali ga keren tapi bikin repot! Hari gini kena cacar?? di umur segini? Jelas mama panik,umur segini kena cacar pasti akan meninggalkan bekas yang ga gampang hilang kan?

Belum lagi urusan anak-anak! AliyaHasna belum pernah terkena. Bagaimana Hasna? Dia kan masih ASI? Ga mungkin kan mama menyusui dengan kondisi badan penuh cacar (maaf...)? Mama pusiiiiing......

Akhirnya begitu mama tau kena cacar air, mama mengasingkan diri dikamar. Tidak keluar samasekali kecuali ke kamar mandi. Hasna? dengan sangat sedih terpaksa tidur dengan si Mbak. Mama masih ingat dengan kondisi Asi yang mulai penuh, mama dengar Hasna semalam menangis minta ASI! Mama hanya bisa menangis.....Ya Allah, harus bagaimana lagi?

Ada kejadian yang membuat mama seakan teriris-iris (ceileee......eh,tapi betul loh!)! Waktu itu Aliya memberikan secarik kertas,katanya "surat untuk mama". Isinya : gambar mama dan aliya bertuliskan "Aliya sayang mama". Simple tapi membuat mama tambah sedih karena kangen!

Anak-anak jika ingin melihat mama, hanya mengintip lewat pintu dan saling melempar "kiss bye"! Hehehe......sedih juga lihat anak hanya lewat intipan itu!

Akhirnya setelah 1 minggu mengasingkan diri, mama ga tahan lagi. Mama pikir karena cacar sudah kering dan mengelupas, mama langsung menyusui Hasna. Reaksi Hasna waktu mama tanya,"Hasna nenen yaa...??" sungguh membuat mama terharu! Dia seneng sekali sambil guling-guling! hehehe.....

Tapi apa dikata, karena 1 minggu berhenti menyusui, ASI mama kering! Ya Allah,cobaan apa lagi ini? Meskipun Hasna kuat menyusunya, sang ASI tetap tidak mau keluar......untung Hasna tidak senewen. Mama ganti dengan sufor dia mau. Alhamdulilah, meski kalo malam Hasna belum bisa tidur nyenyak karena masih terbiasa bangun untuk minta asi.

Sekitar 1 minggu setelah mama sembuh, kuranglebih 2 minggu dari awal mama kena cacar, ALiyaHasna mulai menunjukkan gejal tertular. Meski masih sangat awal, tapi mama paham sekali ini bukan biang keringat tapi Cacar!! Anehnya??? AliyaHasna sama sekali tidak demam. Mungkin sewaktu mama sakit, anak-anak langsung mama beri suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Alhasil, AliyaHasna tidak demam dan cepat sekali pulih tanpa bekas!


Kali ini, mama harus turun sendiri untuk merawat anak-anak. Mulai dari memandikan hingga memberi salep. Mama ga ingin si Mbak-mbak itu akan tertular. Kasihan kan?

Alhamdulilah, Aliya dan Hasna sembuh kurang dari waktu 1 minggu. Mungkin kondisi badan sedang prima ya. Yang sering mama sesalkan. Tau kalo anak-anak ternyata lebih kuat, kemarin mama biarkan aja mereka tertular. Toh, mereka sembuh lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas. Udah tertular, ASI mama kering lagi! Huuuuuuuu.......

Yah, mungkin ada hikmah ya dibalik semua ini. InsyaAllah.

HASNA TERKENA "FLEK"

Setelah anak-anak sembuh dari cacar, mama sempat "bernapas" sebentar. Senang melihat anak-anak sehat kembali. Tapi ternyata Hasna mulai drop kembali. Mulai batpil. Biasalah-mama pikir gitu. Kondisi batpil ini terus berlangsung hingga 10 hari hingga obat yang diberikan dokter habis. Hasna mulai "GTM" (gerakan tutup mulut!) alias mogok makan! Sama sekali tidak mau menyentuh makanannya. Badannya mulai kurus kering.

Akhirnya dokter memutuskan untuk tes laboratorium dan tes "mantoux". Dari hasil tes tersebut, Hasna positif terkena flex. Meski paru-parunya bersih, tapi di kelenjar banyak terdapat lendir. Yaaah, rasanya mama lemes. Kasihan kamu nak?

Sekarang alhamdulilah Hasna sudah lebih baik. Makan juga lebih gampang, berat badan sudah naik. Bahkan dokter juga sempat heran, baru 2 minggu sudah naik 1/2 kg dari target awal 1 ons /minggu. Alhamdulilah......pelan-pelan semoga tambah baik ya nak?

BEBERAPA TIPS

O ya, mama ingin membagi beberapa "tips" pengalaman mama merawat Aliya dan Hasna selama mereka terkena Cacar. Mama dapat juga dari beberapa teman, siapa tau bermanfaat yaaa ... Ini Nih:
1. Tetap mandikan anak 2x sehari sewaktu mereka terkena cacar. Meski sakit, badan akan penuh dengan bakteri jika tidak dibersihkan.
2. Mandikan atau berendam dengan "havermut" yang sudah direndam dengan air hangat suam-suam kuku. Setelah selesai mandi, jangan di bersihkan, alias tetap biarkan kering dengan sendirinya. Kalo takut masuk angin cukup tepuk-tepuk badannya dengan handuk untuk menyerap air. Karena havermut yang menempel di badan akan mempercepat pengeringan cacar.
3. Jika badan gatal bisa campurkan air havermut tadi dengan rebusan daun sirih untuk mengurangi gatal.
4. Beri suplemen vitamin C dan makanan bergizi untuk menambah stamina tubuh anak.
5.Gunakan pakian yang longgar dan nyaman.
6. Perbanyak minum air putih dan jus buah.

Obat dan salep yang diberikan dokter sebenarnya hanya untuk mempercepat proses penyembuhan. Karena cacar akan sembuh dengan sendirinya,lamanya tergantung dari kondisi tubuh anak.Semakin sehat kondisi tubuh, akan semakin cepat proses penyembuhan. Mama baru sembuh setelah 2 minggu (karena kondisi mama yang sedang drop), tapi aliyahasna sembuh kurang dari 1 minggu (5 hari).

Ga lupa, mau numpang nampang,kondisi aliyahasna setelah sembuh dari cacar..

Seperti ga pernah kena cacar aja kan?

Oke deh, semoga tips ini bermanfaat ya....


8 komentar:

  1. aku pernah kena tuh mbak novi, pas kuliah semster 6. duuh, rasanya kayak dikutuk..

    BalasHapus
  2. Haluu mba welcome back yaaa hihi syukurlah semua telah berlalu yaaa salut dg mba Novy melaluinya dg seorg diri duhh bener2 deh superwoman yaaa...

    Pasti sulit banget buat anak-anak ya disaat gatel tp ngga boleh digaruk duhh sedih rasanya untunglah semua cepet berlalu biasanya kondisi anak lebih fit drpd org dewasa. Dulu akbar jg gt badan penuh cacar tp tingkah lakunya teteepp ngga kliatan kl sakit syukurlah semua berlalu semoga selalu sehat yaaa amiinn

    Tipsnya semoga bermanfaat buat yg belum kena yaaa heheh bukan doain yg belum kena lho cuma ini emang penyakit ngga bs kita hindari tul ngga mba...??

    BalasHapus
  3. Waduh mbak, lama gak posting toh karena sakit yaaa?

    Eh tipsnya bagus banget tuh buat nambah ilmu..makasih yaaaaa..:)

    BalasHapus
  4. pantesan kok baru muncul, ternyata banyak peristiwa2 ya mbak.. wihh semept terharu biru baca musti mengasingkan diri dr anak2.. sedih ya, apalagi hasna pake jejeritan gt..

    btw thx ya tips-nya buat cacar, aku blum pernah kena niy..

    sun sayang dr asha buat mbak aliya dan hasna..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah udah sehat semua ya. Aliya ma Hasna juga gag kliatan bekas cacarnya. Moga abis ini sehat terus yaaaaa.....amin.

    BalasHapus
  6. Akhirnya bisa coment nich...!!!

    Wah jadi sakit cacar berantai gitu ya...Tapi syukur dech semuanya dah terlewatkan dan sekarang dah segar lagi ya...

    Oh ya dah lama nich gak lihat AliyaHasna...ternyata Aliya tambah cantik aja dan Hasan dan besar ya gak terasa!!!

    Thanks nich tips nya ya...

    BalasHapus
  7. aduuh anak2ku blm pada kena tuh, katanya kalo dah diimun gak bakal kena ya ??

    BalasHapus
  8. sayang banget gak sempat ketemuan pas lebaran yah mbak:( well, lain kali maybe hehe:p

    aduh emang bener mbak, kalo berpergian udah bisa dipastikan makan anak pun jadi apa adanya. zikra malah aku kasih bubur instant beberapa kali pas lebaran kemarin. abis sibuk ini itu pergi sana sini:( yah mudah2an anak kita mengerti kondisi ortunya yah hehe:p

    BalasHapus