Kamis, Maret 11, 2010

Khasiat Madu




Sekedar berbagi pengalaman aja, untuk ibu2 tentang manfaat madu ini.


Awalnya ga terpikir untuk menggunakan madu sebagai alternatif pengobatan untuk anak-anakku. Tapi atas saran dari teman,untuk menggunakan madu sebagai alternatif pertolongan pertama untuk anak-anak jika panas atau batpil,saya pikir apa salahnya untuk dicoba?


Mengenalkan anak untuk menyukai madu, tidak gampang memang. Perlu waktu,tapi jika dibiasakan, mereka akan menyukai juga. Tidak hanya anak-anak, kita ini yang sudah tua aja ga gampang untuk menikmati madu. Maklum, rasa manisnya yang kadang bikin tenggorokan agak gatal-menurut saya sih.....:P

Madu bisa diberikan bareng dengan pancake,atau roti tawar. Lumayan enak....enak banget malah! hehehe.....
Atau diseduh dengan air....dijadikan minuman,asal
jangan air panas ya,karena bisa menghilangkan khasiatnya.....
Disamping itu,madu juga bisa untuk menurunkan panas anak-anak, mengurangi bahkan mencegah batuk,pilek,dan gejala flu demam. Caranya?
*Untuk menurunkan demam*
Parut kunyit kira2 sebesar ruas jari,peras ambil airnya (ga usah ditambah air) campur dengan madu kurang lebih 2-3 sendok makan. Bisa juga tambahkan jeruk nipis sedikit.
minumkan ke anak 2-3 kali sehari, atau menjelang tidur.
Usahakan anak untuk banyak minum air putih atau apa saja kesukaan anak-anak.....insyaallah demam anak akan turun....
ini jika tidak ada infeksi apa2 yaa....
Jika sakit berlanjut, hubungi dokter....hihihihi.....
*Untuk Batuk-Pilek*
Peras jeruk nipis (tergantung,jika tahan kecut bisa 1 biji atau seperempat biji untuk anak yg kurang begitu suka kecutnya) tambahkan dengan madu. Sesukanya sih....minimal 3 sendok makan. Rasanya segar.....
Berikan ke anak, 2-3 kali sehari, juga dibarengi minum air putih yang cukup.
Pengalaman saja, dulu ALiya dan Hasna paling sering ke dokter,tentu akan diberikan antibiotik jika ketahuan radang tenggorokan. Panas sedikit, ke dokter, dan diagnosisnya radang tenggorakan, antiobtik lagiii......
Lama-lama saya ga tahan......ga bagus sedikit2 antibiotik kan? Kecuali jika memang sudah terlambat. radangnya sudah sangat mengganggu anak,okelah! Tai jika baru gejala awal,langsung aja "gempur" dengan madu+jeruk nipis. Panas, "gempur" dulu deh dengan madu.....Alhamdulillah, AliyaHasna sembuh 1-2 hari. Jika lebih dari itu, saya juga harus waspada....ada "sesuatu" yang ga beres....memang kita harus konsultasikan ke dokter. Yang penting JANGAN MENYEPELEKAN SAKIT PANAS....*-:)
Ini sekedar berbagi tips.....karena baru saja Aliya panas tinggi. Saya "keukeh" tahan-tahan tidak ke dokter dulu. Karena anaknya masih mau makan,meski sedikit-sedikit. Masih mau minum. Saya beri madu+jeruk nipis dan istirahat yang cukup. Alhamdulillah, esoknya dia sehat dan bisa sekolah lagi. Mungkin kemarin dia kurang istirahat dan kurang minum.

Baru saja Adiknya, Hasna juga tiba-tiba panas. Saya beri madu seperti kakaknya,alhamdulillah esok harinya panasnya turun. Jika terlihat gejala dia mulai pilek dan batuk saya beri madu+jeruk nipis,alhamdulillah 2-3 hari sembuh.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya ibu-ibu....


7 komentar:

  1. wahhh..makasih resepnya ya,mba.. berguna sekali utkku...

    BalasHapus
  2. makasih mbak Novy udh share resep.. manfaat bgt..

    BalasHapus
  3. berguna sangat ni resep....

    BalasHapus
  4. Aslkm Mba Novy. Salam kenal yah. saya Susan. Kalo sempat mampir yah ke blog kami keluargazulfadhli.blogspot.com. Tukeran link yuks :-)

    Btw iya neh saya juga suka sama madu. Selain rasanya memang enak, bagus pula untuk kesehatan.

    BalasHapus
  5. setuju banget mba...madu memang telah terbukti kasiatnya...setiap wafi demam ato baptil ya itu madu dan habast pilihannya...alhamdulillah jarang banget ke dsa skrng..

    BalasHapus
  6. Banyak khasiat emang dari madu, Nay juga selalu aku kasih madu setiap pagi, alhamdulillah daya tahan tubuhnya bagus. kalah deh multivit yg lain :)
    MAkasih ya buat share resepnya

    BalasHapus
  7. wah thanks mba infonya, kebetulan anak saya kmrn juga batpil, kasian kl dikasih obat resep dokter trus, kl ada yg alami

    BalasHapus