Rabu, Februari 11, 2009

BERATNYA HARUS MENYAPIH....



Sudah beberapa hari ini mama selalu "count down"-menghitung hari. Karena sabtu ini, untuk pertama kalinya mama akan meninggalkan hasna untuk beberapa hari-tugas luar dari kantor. Selama ini, mama selalu membawa Hasna jika harus bepergian selama beberapa hari. Tetapi kali ini,tugas mama tidak memungkinkan untuk itu.

Rasanya berat sekali, secara tidak langsung mama harus melatih Hasna tidur malam hari tanpa mama. Hasna sebenarnya sudah tidak menyusu lagi karena ASI mama kering tiba-tiba akibat sakit cacar beberapa bulan ygll. Karena mama masih ingin menyusui lagi, Hasna mama biarkan "menyusu" dengan niatan ASI akan keluar lagi. Apa dikata ASI tetap tidak keluar! :((Akhirnya Hasna terbiasa "ngempeng"-maaf- istilah jawa jika menyusu tapi tidak ada ASI yang harus diisap.

Kebiasaan "ngempeng" ini malah mama gunakan untuk tetap menjalin kedekatan dengan Hasna. Mama lihat, Hasna juga sangat menikmati "ngempeng" ini untuk cari-cari alasan supaya bisa mama dekap.....duuuuh....rasanya nyeessss....banget bisa lihat Hasna yang menyusu sambil minta perhatian!O:)

Malam hari sebelum tidur, Hasna pasti minta "na-na"- istilah Hasna untuk minta nenen. Nana ini sebagai pengantar tidurnya yang paling ampuh! Tidak sampai seperempat jam, Hasna pasti sudah tidur pulas! Hehehehe.....

Nah, mulai beberapa hari ini, mama sengaja mengalihkan perhatiannya supaya tidak minta "na-na". Mama buat dia capek bermain sebelum tidur, hingga dia langsung ngantuk tanpa sempat ingat "na-na". Kadang Hasna berceloteh-dengan bahasa planetnya tentu- macam-macam hingga dia capek dan langsung pulas...zzzzz......I-|Sementara mama, "berakting" pura-pura tidur!

Belajar menyapih ini sudah mama lakukan 1 minggu. Sering mama sendiri ga tega jika Hasna masih tetap minta "na-na", akhirnya ya ngempeng lagi sebelum tidur! Secara hati,mama memang belum ikhlas melepas kebiasan "na-na" ini! Kadang mama bangun sendiri di tengah malam-karena Hasna biasa bangun jam setengah 2 dinihari untuk minta "na-na" dan minum air putih- sedangkan Hasna masih pulas. Mama perhatikan Hasna, siapa tahu dia bangun, ingat "na-na" nya......mama sendiri yang ga konsisten....:-S

Waktunya tinggal beberapa hari lagi, sedangkan Hasna belum bisa lepas sama sekali dengan kebiasaan "na-na" nya. Mama masih bingung, apa Hasna bisa "lupa" barang beberapa hari dengan "na-na", jika mama pergi selama 3 hari?

Maafkan mama ya sayang......

18 komentar:

  1. Duuh.. sedih bgt mesti ninggalin Hasna di rumah... tapi mudah2an urusan mbak novy cepet selesai jd bisa kumpul lg ama aliya and hasna ya..

    BalasHapus
  2. Waa..awalnya pasti gak tega ya mbak, tapi mudah2an bisa melatih anak dan tujuan positifna tercapai..:)

    BalasHapus
  3. hikikhik...ikut sedih juga nich jadinya!!! emang gak tega ya klo menyapih tuh...abis dah biasa dekat ama anak klo kita lg menyusuin tuh...

    BalasHapus
  4. Sabar ya bunda...tp teuteup hrs konsisten ya, menjalin kedekatan hasna dg bunda kan gak perlu dg ngempeng toh..

    duh..tante jd kangen deh sm dd hasna!
    btw wafi kirim salam nih utk dua putri cantik

    BalasHapus
  5. Semoga dimudahkan segala upayanya.. Emang udah nature-nya yah Emak jarang tega sama anak.. :) Bismillah yg banyak.. Semoga Allah mudahkan :)

    BalasHapus
  6. bener ya mbak, gak tega waktu coba nyapih yah. Itu masa2 indah antara ibu n anak. Aku aja kayaknya berat mo nyapih si Tole nih, hehe padahal dah ada saingannya nih tante, hehee

    BalasHapus
  7. wah senasib nih ama saya. lagi berusaha nyapih..tapi masih blom berhasil hehehe..:)

    BalasHapus
  8. semoga sukses cepat ya jeng menyapihnya...sabar ya....

    BalasHapus
  9. Hasna, sini tante peluk-peluk...

    Emang siy, mbak, masa2 bobo ma anak tuh aka ngelonin tuh masa2 yg menakjubkan. Klo azka, pengennya klo bobo tuh dipeluk Mamanya. Gak mau ma Papanya.

    BalasHapus
  10. mudah2an sukses ya mbak menyapihnya...
    InsyaAlloh Mama bisa kok konsisten.

    BalasHapus
  11. masa menyapih emang paling berat ya mbak. selain kitanya yg gak tega, dr diri kita sendiri juga ada rasa takut berkurang kedekatan 'ma anak y.. Tapi mudah2an sukses nyapihnya ya... :)

    BalasHapus
  12. wah sedihnya:( hasna 15 bulan ya ma? emang udah kering banget ma? kalo emg begitu ya udah konsisten aja disapihnya. sedih banget memang sih, aku aja berasa sedih juga saat baca ini:(

    mama yang kuat ya.. moga2 yang terbaiklah buat hasna:)

    BalasHapus
  13. Semoga sukses menyapihnya mbak...

    BalasHapus
  14. "Jadi inget anak pertama dulu susah banget di sapihnya karna dah 2 taun dari mulai di kasih bangle sampai di sembur2 sama dukun urut he he.
    Mudah2an nyapihnya lancar2 aja ya mba..sedih sih

    BalasHapus
  15. Sedih yaaaa tapi ya gimana lagi dek..adek hasna kan udah gede malu kan nenen terus hehehe...tega ngga tega ya kalo nyapih gt.

    btw, mo pergi kemana emangnya mba..? semoga lancar dan adek hasna ngga rewel yaa amiinnn

    BalasHapus
  16. emang berat ninggal anak sampai beberapa hari. aku ninggal ikhsan seharian di kantor aja kangenku dah segunung apalagi ninggal beberapa kayaknya aku yang ga kuat deh...

    BalasHapus
  17. Memang susah ni...tpi terpaksa yea. We are having quite the same case. My Habibati is 2 last Maulidurrasul, and I plan to stop breastfeeding her..but she still want the breastmilk. My BM is still plentiful alhamdullilah...but now im still thinking how to stop. Namun hati keibuan ku tak sampai hati melihat Habibati menangis nak nenen ummi...

    BalasHapus
  18. wuuuaa......terharu neh bacanya....postingannya topiknya mirip neh...hihhii...mampir ke blog vica yah....

    BalasHapus